Jumat, 23 Desember 2011

Tips agar blog banyak dikunjungi orang

Kali ini saya akan posting tentang tips agar blog anda sering di kunjungi orang...
Perlu anda tau,ada waktu yang berharga yang pernah dialami oleh para blogger pemula (newbie), yaitu dimana baru memulai membuat blog yang hanya baru mempunyai satu orang pembaca/pengunjung setia yaitu Anda sendiri.

Mungkin beberapa hari kemudian, Anda bisa mendapat tambahan pembaca/pengunjung karena telah memberitahukan kepada adik (misalnya), kakak, orang tua, pacar, teman, atau orang lain yang belum Anda kenal bahwa Anda telah memiliki blog/web.

Ada begitu banyak posting tentang bagaimana untuk meningkatkan pengunjung ke blog Anda. Saya telah membaca banyak jumlah artikel yang membahas tentang bagaimana meningkatkan jumlah traffic blog sebelum mengembangkan taktik sendiri.
Berikut ini beberapa teknik rahasia agar blog Anda mendapatkan banyak pengunjung, yaitu:
  1. Tulislah sedikitnya 5 artikel utama
Artikel utama adalah merupakan bentuk model posting tutorial yang bertujuan mengajarkan sesuatu pada pembaca/pengunjung. Artikel utama ini biasanya terdiri lebih dari 500 kata dan juga berbentuk tips dan triks atau nasihat maupun anjuran. Artikel/posting yang saat ini sedang Anda paca merupakan salah satu contoh dari Artikel utama.
  1. Tulislah sedikitnya 1 posting per hari
Ini akan mengandung kesan baik bagi pembaca/pengunjung, karena mereka memandang blog/web Anda selalu di update per hari dan kemungkinan mereka akan berkunjung kembali untuk esok harinya agar tidak merasa ketinggalan posting atau tips/trik terbaru dari blog/web Anda. Tapi ingat! usahkan membuat posting dalam kata-kata Anda sendiri, karena ini penting agar cepat terindex di search engine (google, yahoo, dll).
  1. Gunakan nama domain
Jika bener-benar ingin serius dengan blog/web Anda, maka gunakanlah nama domain supaya terkesan profesional. Dalam pemilihan domain, agar memakai yang sudah umum seperti (.com, .net, dll) dan dengan nama domain yang simple dan juga mudah diingatnya. Sebagai contoh dalam pemilihan nama domain yaitu: www.google.com, www.yahoo.co.id, www.ukafahrurosid.com, dan sebagainya.
  1. Desain Template dan Judul
Bila Anda memilih desain untuk blog, pastikan Anda memilih template yang tepat, yang google friendly dan eyes catching, juga dengan pilihan judul yang banyak dicari dan tidak kikuk.
  1. Berkomentar di blog/web lain
Salah satu cara untuk mendapatkan pembaca/pengunjung ke blog/web Anda ialah dengan aktif berkomentar di blog/web orang lain dengan tidak melakukan spamming yaitu dengan berkomentar bertubi-tubi yang akan dianggap spamming dan kurang sopan. Pada kotak komentar saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas link URL dimana bila suatu saat pemilik blog atau orang lain yang melihat komentar Anda bisa dengan mudah meng-klik link URL Anda, dan tentunya bermanfaat untuk mendapatkan pengunjung baru.
  1. Sertakan link URL blog/web orang lain (trackback) dalam posting
Trackback ini secara sederhana merupakan percakapan antar pemilik blog/web. Dengan cara ini memang merupakan salah satu teknik yang dapat membantu Anda dalam menjaring pengunjung, karena triks trackback ini dapat memberikan perhatian bagi pemilik blog/web yang artikelnya di kutip atau di rangkum oleh Anda dengan menyertakan link URL-nya pada blog/web Anda sehingga pasti pemilik link URL tersebut akan dengan senang hati melihat bahkan memantau posting Anda. Mereka mungkin saja suatu saat bisa menjadi pengunjung setia blog/web Anda, atau setidaknya minimal dapat memantau blog/web Anda walaupun tidak sesering mungkin.
  1. Anjurkan orang lain untuk berkomentar
Untuk memancing atau menganjurkan pembaca/pengunjung meninggalkan komentar, Anda bisa menyertakan sebuah pertanyaan pada tiap posting, seperti misalkan: "Bagaimana menurut Anda?" atau "Apa Anda punya tips lain yang bisa di sharingkan?" dan lain sebagainya yang Anda bisa kembangkan sendiri.
  1. Daftarkan ke Directory RSS Feed
Anda perlu mendaftarkan blog Anda ke situs Directory RSS Feed Feedburner.com untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak.
  1. Daftar dan Manfaatkan Artikel Anda Pada Situs Directory
Tersedia banyak sekali situs yang menyediakan layanan publikasi dari artikel Anda. Sebagian contoh yaitu BlogCarnival.com, Blogtopsites.com, EzineArticles.com, Lintasberita.com dan Infogue.com Submit artikel Anda dan buat judul semenarik mungkin untuk memikat minat pengunjung ke blog Anda, tunggu kebanjirang pengunjung!! Blog Carnival adalah kumpulan ringkasan artikel dari berbagai blog/website dengan berbagai topik-topik tertentu yang beragam. Situs Blog Carnival bisa Anda akses di www.blogcarnival.com, Blog Top Sites dan yaitu tidak jauh berbeda dengan Blog Carnival. Anda bisa cari kategori sesuai dengan isi blog Anda dan kemudian "submit" dan setelah itu Anda harus copy-paste kode Blogtopsites.com kedalam blog Anda. Ezine Articles yaitu mensubmit artikel Anda dengan harapan dapat dibaca orang lain. Cara ini memang tidak langsung mendapat banyak pengunjung secara instans, akan tetapi ini juga akan bermanfaat jangka panjang karena bisa jadi artikel Anda diterbitkan di media cetak online atau offline oleh orang lain yang berkepentingan dan akan beruntung sekali bila link URL Anda di sertakan pada blog/web mereka. Lintasberita dan Infogue merupakan sarana promosi blog/web Lokal dari Indonesia dengan men-submit artikel Anda di directorynya.
  1. Bergabung di Forum
Aktif dalam forum-forum yang anda ikuti dan sesuai dengan blog Anda, dan tentunya jangan sekali-kali melakukan spam, karna itu dilarang dan pasti keanggotaan Anda di Forum akan di hapus. Beberapa forum besar diantaranya Kaskus.us dan Detik.com, buat posting yang menarik dan pancing pembaca supaya datang ke blog Anda atau bila memungkinkan Anda bisa gunakan signature pada forum dengan mencantumkan nama dan URL blog Anda.
  1. Web Traffic
Mungkinkah bila ada penawaran 1000 pengunjung gratis ke blog anda? jawabannya mungkin. Ada beberapa penyedia web traffic yang berbayar maupun yang gratis. Menarik bukan bila blog anda kebanjiran pengunjung dari web traffic secara gratis. Anda bisa coba dan manfaatkan layanan web traffic disini.
  1. Link Exchanger
Buat widget link exchanger di blog anda, dan sarankan teman-teman untuk me-link satu sama lain, contoh link exchanger bisa anda pelajari dan anda kembangkan seperti disini.
  1. Video Marketing
Akhir-akhir ini orang bisa langsung mendadak jadi artis berkat video yang di upload ke Internet, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Youtube yang sampai saat ini sangat populer. Anda dapat memanfaatkan youtube dengan mencantumkan URL link blog Anda di video yang di Unggah.
  1. Website Groups
Anda bisa memanfaatkan groups yang sudah tidak asing lagi yaitu Yahoo Groups, Google Groups, dll untuk membangun kelompok kecil anda dengan bahasan yang sesuai dengan blog Anda.
  1. File Downloads
Anda bisa memposting download film gratis, mp3 populer, games, software, tutorial, dll dalam blog Anda dan cantumkan dalam file download itu URL blog Anda untuk dikunjungi.
  1. Tawarkan Javascript
Bila anda mengerti dalam hal javascript, Anda dapat membuat javascript yang berguna untuk gadget di sidebar blog seperti javascript untuk recent post, recent comment, popular post, dll. Anda dapat mencantumkan link blog Anda dalam javascript yang Anda buat, tapi URL link blog Anda yang dicantumkan dalam javascript dengan tampilan yang bijak.
  1. Perdalam SEO
Search Engine Optimization (SEO) penting untuk meningkatkan traffic kunjungan dari search engine, Anda bisa pelajari SEO tentang Meta Title, Meta Description, Meta Keyword, dll.
  1. Manfaatkan media yang ada
Media lain yang bisa Anda manfaatkan itu sangat banyak sekali diantaranya: Facebook, youtube, friendster, group, milis, mail, chat, messenger, iklanbaris, iklan banner, download e-book/mp3/video/dsb, atau bisa dengan memanfaatkan media offline.
  1. Perbanyak artikel dan sebar link URL
Ada banyak sumber yang mengatakan bahwa semakin banyak artikel/posting di blog/web Anda, maka dimungkinkan akan semakin banyak pula pembaca/pengunjungnya. Namun akan lebih maksimal bila ditambah dengan gencar dalam penyebaran link URL-nya.
  1. Be creative mind
Tips terakhir itu tergantung dengan kreatifitas imajinasi pikiran Anda dalam menjaring pengunjung di Internet untuk mendapat banyak pembaca/pengunjung ke dalam blog/web Anda. So, Be Creative!!

Okey.. itu ajja yaa... semoga bermanfaat...
salam blogger

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasih sudah meninggalkan komentar di artikel ini ...
salam blogger ^^