Selasa, 03 Januari 2012

Cara mendefrag harddisk di windows 7

Nah,kali ini saya akan memberikan sedikit info buat pembaca.Mungkin ada yang belum tahu tentang mendefrag disk di komputer atau laptop.Kalau yang udah tahu,alhamdulillah deh,sambil di koreksi aja artikel saya ini,siapa tahu ada inpo yang kurang benar.Langsung aja ya... ini dia artikelnya.

Teman-teman pasti sudah sering mendengar kata defrag yang sering diucapkan ketika proses pada suatu komputer mulai berjalan lambat.

Nah,defrag itu apa sih ? Defrag merupakan suatu proses yang dipergunakan untuk menyusun,menata berbagai file dan isi dalam sebuah harddisk.Nah,fungsinya apa donk ??
Defrag dapat meningkatkan kecepatan membaca data komputer karena tersusunnya data secara rapi pada hard disk. Selain itu defrag juga dapat mengakomodasi kestabilan dan kondisi hard disk.
Apa yang menyebabkan komputer harus di defrag ? Komputer harus di defrag disebabkan oleh proses manipulasi data yang terjadi pada hard disk softholic mania seperti (install/uninstall program, delete file, move file, copy file, ataupun manage file).
Berapa kali kita harus melakukan defrag ? defrag dilakukan minimal 1-3 bulan sekali akan tetapi hal itu juga tergantung dari manipulasi data yang kalian lakukan pada hard disk, semakin sering melakukan manipulasi pada hard disk maka semakin sering pula dilakukan defrag pada hard disk.
Cara untuk melakukan defrag pada hard disk komputer dengan sistem operasi windows (7) sangat mudah karena sistem operasi ini sudah menyiapkan tools khusus yaitu disk defragmenter. Langkah-langkahnya :
1).Klik start pada taskbar menu.
2).Pilih All Programs.
3).Pilih Accessories.
4).System Tools.
5).Disk Defragmenter.
Selain itu,ada cara lain loo...caranya adalah anda klik tombol Start lalu masukkan kata kunci "Disk Defragmenter" di form isian "Search programs and files" lalu klik aplikasi Disk Defragmenter yang muncul. Nanti akan muncul jendela program disk defragmenter seperti yang ada di atas.
Menggunakan aplikasi Disk Deafragmenter ini anda bisa men-defrag harddisk secara manual atau terjadwal, untuk men-setup proses defragmenter yang terjadwal anda klik tombol "Configure schedule", ceklist pilihan "Run on a schedule (recommended)", pilih isian "Frequency", "Day", "Time" dan "Disks" lalu klik tombol "OK", nah nanti aplikasi Disk Defragmenter ini akan men-defrag harddisk anda secara otomatis pada jadwal yang telah anda tentukan tadi, syaratnya komputer anda harus hidup pada waktu tersebut tentunya.
Untuk men-defrag harddisk secara manual anda seleksi salah satu partisi harddisk yang ingin anda defrag lalu klik tombol "Analyze disk", jika ternyata setelah di-analyze terdapat lebih dari 0% file yang ter-fragmented maka anda klik tombol "Defragment disk" untuk men-defrag partisi harddisk anda tersebut.

Nah gan...tuh inponya.So,mulai sekarang jangan lupa ya untuk mendefrag hard disk dan jaga serta rawat komputer khususnya hard disk karena pada hard disk banyak tersimpan data penting.



_Kritik,n' sarannya di tunggu..._
Posted by Picasa

2 komentar:

terima kasih sudah meninggalkan komentar di artikel ini ...
salam blogger ^^