Selasa, 26 Juni 2012

Sinar Ultraviolet


SINAR ULTRAVIOLET
l Berada antara sinar-x dan sinar tampak dalam spektrum elektromagnetik
l Frekuensinya 1016 Hz sampai 1020 Hz
l Panjang gelombangnya 10-8 m sampai 10-7 m
l Digolongkan menjadi tiga, yakni:
a. Near Ultraviolet (NUV)
# UV A (Gelombang panjang)


# UV B (Gelombang medium)
# UV C (Gelombang pendek)
b. Far/Vacuum Ultraviolet (FUV/VUV)
c. Extreme/Deep Ultraviolet (EUV/DUV)
Dampak Positif Sinar Ultraviolet
a.       Penggunaan lampu fluoresent
b.       Membantu pembentukan vitamin D pada tubuh
c.       Sterilisasi alat-alat medis
d.       Sebagai disinfektan dalam pengolahan air minum
e.        Menghilangkan berbagai mikroorganisme yang terdapat dalam makanan
Dampak Negatif Sinar Ultraviolet
Paparan radiasi ultraviolet-B yang berlebih terhadap manusia, hewan, tanaman dan bahan-bahan bangunan dapat menimbulkan dampak negatif.
·         Pada manusia, radiasi UV-B berlebih dapat menimbulkan penyakit kanker kulit, katarak mata serta mengurangi daya tahan tubuh terhadap penyakit infeksi. Selain itu, peningkatan radiasi gelombang pendek UV-B juga dapat memicu reaksi kimiawi di atmosfer bagian bawah, yang mengakibatkan penambahan jumlah reaksi fotokimia yang menghasilkan asap beracun, terjadinya hujan asam serta peningkatan gangguan saluran pernapasan.
·         Pada tumbuhan, radiasi UV-B dapat menyebabkan pertumbuhan berbagai jenis tanaman menjadi lambat dan beberapa bahkan menjadi kerdil. Sebagai akibatnya, hasil panen sejumlah tanaman budidaya akan menurun serta tanaman hutan menjadi rusak.
·         Apabila terjadi lubang ozon, maka sinar UV, khususnya yang jenis UV tipe B yang memiliki panjang gelombang 290 nm, yang menembus ke permukaan bumi dan kemudian mengenai orang, dapat menyebabkan kulit manusia tersengat, merubah molekul DNA, dan bahkan bila berlangsung menerus dalam jangka lama dapat memicu kanker kulit, termasuk terhadap mahluk hidup lainnya.
·         Sebagian besar garis-garis wajah dan kerut/keriput disebabkan oleh pemaparan berlebihan terhadap sinar UV, baik UVA yang bertanggung jawab atas noda gelap, kerut/keriput, dan melanoma maupun UVB yang bertanggung jawab atas kulit terbakar dan karsinoma.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasih sudah meninggalkan komentar di artikel ini ...
salam blogger ^^