KATA PENGANTAR
Puji dan
Syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan
Rahmat dan Karunia-nya sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan baik dan
tepat pada waktunya.. Dan maklah ini
diselesaikan oleh kelompok 3 dengan materi INKSCAPE dengan penyususun, sebagai
berikut :

E-mail : Sandyari126@gmail.com
Blog : Arisandy14.blogspot.com

E-mail : Ibrahimfahrul@gmail.com
Blog : Ibrahimtheadventure.blogspot.com

E-mail : Nikenkusumawardani34@ymail.com
Blog : Nikenkusumawardanikeny.blogspot.com

E-mail : Rinimutia28@gmail.com
Blog : Rinimutiamurhan.blogspot.com

E-mail : Ayuwan823@ymail.com
Blog :
Selesainya
makalah ini tidak lepas dari bantuan Bapak Asbihannor S,kom selaku Guru mata
pelajaran Tikom yang telah bersedia untuk membantu kami dalam menyelesaikan
makalah ini, serta pihak-pihak yang telah bersedia membantu kami dalam
pembuatan makalah ini.
Kami
menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh
karena itu kami mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang
dapat membangun kami.
Inilah
persembahan makalah INKSCAPE dari kelompok 3, Kelas XII ipa 2 MAN SELAT KUALA
KAPUAS.
Akhir kata
semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian.
Penulis
Kuala
kapuas, 12 Desember 2013
BAB I
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Inkscape
Inkscape adalah
sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang
bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan
utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi
standar XML, SVG, dan CSS. Inkscape bersifat cross-platform dan dapat
dijalankan pada Mac OS X (biasanya
dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk
beroperasi secara langsung dibawah Quartz), sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows.
Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak
mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan
font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat
multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan
pada sebagian besar editor grafik vektor komersil. Pada 2010, Inkscape dalam
proses pengembangan aktif, dengan penambahan fitur dan antarmuka baru secara
rutin pada setiap rilis baru.
Inkscape adalah piranti lunak sumber
terbuka yang dapat disebarkan secara bebas. Saat ini, Inkscape dapat diunduh langsung dari situsnya yaitu: http://inkscape.org/download/?lang=en
Inkscape
dapat diinstall baik di OS Windows, Mac dan tentunya Linux (Ubuntu,
RedHat, Sabily, dan sebagainya).
B. Sejarah
Inkscape
Inkscape
dirintis pada 2003 sebagai sebuah fork dari proyek Sodipodi. Sodipodi sendiri, yang dikembangkan sejak 1999,
didasarkan pada Gill (Gnome
Illustration Application), buah karya dari Raph Levien.
Fork itu
dipandu oleh sebuah tim berjumlah empat orang yang beranggotakan mantan
pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY)
yang mengenali perbedaan-perbedaan dari tujuan-tujuan projek itu, keterbukaan
bagi kontribusi pihak ketiga, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka
melakukan forking. Dengan Inkscape, mereka berpendapat bahwa mereka
dapat memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG secara
lengkap, tidak seperti pengembangan Sodipodi yang menekankan pada pembuatan
sebuah editor grafik vektor yang umum, dengan mengorbankan implementasi SVG.[3]
Sejak dikembangkan dalam fork
itu, Inkscape berganti dari menggunakan bahasa pemrograman C ke C++; berubah ke
GTK+ toolkit C++ bindings (gtkmm); merancang
ulang antarmuka pengguna dan menambahkan sejumlah fitur
baru. Penerapannya terhadap standar SVG telah menunjukkan perbaikan yang
signifikan, meski belum lengkap.
Lebih baik
daripada prinsip perintah atasan-bawahan, para pengembang dikondisikan dengan
budaya kesetaraan di mana ide bermunculan dari kemampuan para pengembang secara
perseorangan dan keterlibatan yang aktif di dalam proyek. Hasilnya, proyek ini
menempatkan penekanan istimewa pada pemberian akses penuh bagi semua pengembang
untuk mengakses kode sumber, dan pada keikutsertaan di dalam komunitas open source yang lebih luas (seringkali berbentuk inisiatif
antar-proyek seperti Create Project, Libre Graphics Meeting dan Open Clip Art Library). Walaupun pendatang baru dapat memainkan peranan penting, para pendiri
projek masih terwakili secara baik pada proses pengambilan keputusan. Di antara
mereka adalah "bulia byak", arsitek dari perubahan antarmuka pengguna
Inkscape yang radikal yang telah memberi Inkscape bentuknya sekarang. Antarmuka
baru itu berorientasi pada antarmuka pengguna grafik dari Xara Xtreme.
Setelah Xara
meluncurkan rencana untuk merilis aplikasi pelukisan Xara Xtreme secara open source, mereka mengungkapkan minat untuk bekerja sama dengan
Inkscape agar kedua-dua proyek ini dapat saling berbagi kode, usaha
terkoordinasi, dan membuat editor grafik open source yang lebih hebat daripada editor grafik apapun yang
tersedia secara proprietary.
Sejak November 2007, sistem pencarian kesalahan program Inkscape ditanam di
Sourceforge, tetapi
pada 21 November 2007 dinyatakan bahwa mereka akan memindahkannya ke Launchpad.
Salah
satu prioritas utama dari proyek Inkscape ini adalah antarmuka konsistensi dan
kegunaan. Ini termasuk upaya untuk mengikuti pedoman GNOME antarmuka Manusia,
aksesibilitas keyboard universal, dan nyaman di kanvas editing. Inkscape telah
mencapai kemajuan yang signifikan dalam kegunaan sejak proyek dimulai.
Jumlah
kotak dialog mengambang telah berkurang, dengan fungsi yang tersedia dengan
menggunakan cara pintas keyboard atau di toolbar tersedia pada jendela
pengeditan. Kontrol tool bar di bagian atas jendela selalu menampilkan
kontrol yang relevan dengan alat saat ini.
Semua
transformasi vektor, skala, rotasi dan posisi memiliki cara cepat yaitu dengan
pengubah yang konsisten, misalnya, Alt mengubah oleh 1 pixel screen pada saat
zoom, Shift mengalikan transformasi dengan 10, dll), tombol ini bekerja pada
node di Node tool serta pada objek dalam Selector Tool. Operasi yang paling
umum (seperti transformasi, zooming, z-order) memiliki satu-tombol pintas yang
mudah.
Setiap
objek dalam gambar dapat dikenakan transformasi secara acak misalnya bergerak,
berputar, scaling, skewing dan matriks. Parameter transformasi dapat
juga ditentukan secara numerik melalui dialog Transform. Transformasi dapat di
letakkan ke sudut, kotak, pedoman dan node dari objek lain. Grids, panduan dan
sifat gertakan didefinisikan pada basis per-dokumen. Sebagai alternatif, sebuah
Align dan dialog yang telah disediakan dapat melakukan tugas-tugas penyelarasan
umum pada objek yang dipilih misalnya garis mereka dalam arah yang ditentukan,
ruang mereka sama, menyerakkan mereka secara acak dan menghapus tumpang tindih
antara objek.
Obyek
dapat juga dapat dikelompokkan bersama. Kelompok benda berperilaku dalam banyak
hal seperti objek “atom” misalnya, mereka dapat kloning atau diberi warna
menggunakan cat. Benda yang membentuk kelompok dapat diedit tanpa harus
ungroup terlebih dahulu, melalui perintah Enter Kelompok, yaitu kelompok
yang kemudian dapat diedit seperti lapisan sementara. Z-urutan benda dapat
dikelola baik dengan menggunakan lapisan, atau secara manual memindahkan objek
ke atas dan ke bawah dalam tumpukan Z. Lapisan dapat dikunci atau
disembunyikan, mencegah memodifikasi dan seleksi disengaja.
Sebuah
alat khusus, membuat Klon Ubin misalnya, disediakan untuk membuat gambar
simetris atau grid-seperti menggunakan simetri pesawat. Obyek dapat
dipotong, disalin dan disisipkan menggunakan clipboard. Namun, pada versi 0.46,
Inkscape menggunakan variabel internal daripada clipboard sistem, yang
membatasi operasi copy dan paste ke salah satu contoh aplikasi. Obyek dapat
disalin antara dokumen dengan membuka mereka dari menu File di jendela sudah
dibuka, bukan dengan membuka file kedua dari shell sistem operasi.
Inkscape menyediakan tips dan petunjuk
status bar untuk semua tombol, kontrol, perintah, tombol, dan pada
kanvas-pegangan. Pesan petunjuk yang dinamis. Sebuah benda yang diberikan dapat
menampilkan hingga empat petunjuk saat mengedit hanya dengan satu alat.
Petunjuk memperbarui didasarkan pada dua item alat yang digunakan, dan jenis
objek/ menangani objek yang sedang diedit misalnya teks, bentuk, jalan, warna,
dll. maka akan muncul dengan keyboard lengkap dan referensi mouse (dalam HTML
dan SVG ) dan tutorial interaktif beberapa SVG. Latar belakang Sodipodi
(pendahulu Inkscape) didasarkan pada orang-orang dari CorelDRAW dan GIMP.
C. layout dan
Tataletak Jendela Inkscape
Inkscape memiliki tata leatak tool dan komponen
yang sedikit agak berbeda dengan Aplikasi pengolah vektor yang biasa orang awam
pakai(ie:Corel Draw). Tampilan awal pada saat kita memulai inkscape adalah
seperti gamber dibawah ini.
·
Canvas
Canvas atau bidang kerja, bagian ini dapat digeser(digulung) kearah kanan dan kiri dengan cara menggeser panelbar pada bagian samping kiri dan bawah. Fasilitas lain adalah zooming degan cara menggunakan button scroll pada mouse anda atau menggunakan tool zoom.
Canvas atau bidang kerja, bagian ini dapat digeser(digulung) kearah kanan dan kiri dengan cara menggeser panelbar pada bagian samping kiri dan bawah. Fasilitas lain adalah zooming degan cara menggunakan button scroll pada mouse anda atau menggunakan tool zoom.
·
Page
Bagian dari bidang kerja yang membatasi kertas cetak. Ukuran pada bagian page ini yang akan ditampilkan pada saat hasil desain akan di eksport atau diubah kedalam format lain.
Bagian dari bidang kerja yang membatasi kertas cetak. Ukuran pada bagian page ini yang akan ditampilkan pada saat hasil desain akan di eksport atau diubah kedalam format lain.
·
Menu Bar
Terdiri dari beberapa pulldown menu yang berfungsi pada pengaturan umum inkscape
Terdiri dari beberapa pulldown menu yang berfungsi pada pengaturan umum inkscape
·
Command Bar
Terdiri dari shortcut (Jalan pintas) untuk mengakses perintah yang ada dibagian menu. Jika pada bagian Command Bar ini tidak semua shortcut ditampilkan, dapat dilihat pada pilihan menu dropdown pada sisi sebelah kanan.
Terdiri dari shortcut (Jalan pintas) untuk mengakses perintah yang ada dibagian menu. Jika pada bagian Command Bar ini tidak semua shortcut ditampilkan, dapat dilihat pada pilihan menu dropdown pada sisi sebelah kanan.
·
Tool Box
Terdiri dari beberapa peralatan(tool) yang biasa digunakan untuk bekerja, yaitu menyeleksi, menggambar, mengubah objek. Untuk memilih tool yang akan digunakan tinggal klik pada tool yang kita inginkan, sedngkan untuk mengatur penggunaan tool ini dengan klik kanan pada tool yang ingin kita atur. Bentuk kursor akan berubah mengikuti tool yang dipilih terakhir.
Terdiri dari beberapa peralatan(tool) yang biasa digunakan untuk bekerja, yaitu menyeleksi, menggambar, mengubah objek. Untuk memilih tool yang akan digunakan tinggal klik pada tool yang kita inginkan, sedngkan untuk mengatur penggunaan tool ini dengan klik kanan pada tool yang ingin kita atur. Bentuk kursor akan berubah mengikuti tool yang dipilih terakhir.
·
Tool Controls
terdiri dari beberapa kotak yang memuat icon-icon yang memudahkan dalam memilih tool, tool control ini merupakan pengatuan lebih lanjut terhadap objek yang sudah diatur/dibuat dengan tool pada toolbox.
terdiri dari beberapa kotak yang memuat icon-icon yang memudahkan dalam memilih tool, tool control ini merupakan pengatuan lebih lanjut terhadap objek yang sudah diatur/dibuat dengan tool pada toolbox.
·
Color Palette
Bagaian ini berfungsi untuk memilih warna yang akan digunakan. Pewarnaan dapat dengan cara drag and drop warna yang dipiih ke area yang ingin diberiwarna.
Bagaian ini berfungsi untuk memilih warna yang akan digunakan. Pewarnaan dapat dengan cara drag and drop warna yang dipiih ke area yang ingin diberiwarna.
·
Status Bar
Terdiri dari beberapa area yang memberikan informasi mengenai aktifitas yang terjadi di bidang kerja, terdiri dari Style Indicator, Pengaturan layer, Pointe position (posisi pointer), pengaturan perbesaran(zooming).
Terdiri dari beberapa area yang memberikan informasi mengenai aktifitas yang terjadi di bidang kerja, terdiri dari Style Indicator, Pengaturan layer, Pointe position (posisi pointer), pengaturan perbesaran(zooming).
·
Style Indicator
Menunjukan pengaturan style (Fill and Stroke) pada suatu objek yang dipilih/diseleksi. Dari sini dapat juga memberikan pewarnaan pada objek(fill) dan juga garis atau outline (stroke) dengan cara drag warna yang dipilih dari color palette ke style indicator.
Menunjukan pengaturan style (Fill and Stroke) pada suatu objek yang dipilih/diseleksi. Dari sini dapat juga memberikan pewarnaan pada objek(fill) dan juga garis atau outline (stroke) dengan cara drag warna yang dipilih dari color palette ke style indicator.
·
Notification Region
Terdiri dari beberapa inforamasi penting mengenai objeck.
Terdiri dari beberapa inforamasi penting mengenai objeck.
·
Rulers
Penggaris yang menunjukkan ordinat (X)dan absis (Y) dari objek yang akan kita aut tata letaknya. Klik dan drag dari ruler ke arah bidang kerja akan menghasilkan Guide line(garis bantu).
Penggaris yang menunjukkan ordinat (X)dan absis (Y) dari objek yang akan kita aut tata letaknya. Klik dan drag dari ruler ke arah bidang kerja akan menghasilkan Guide line(garis bantu).
·
Scroll Bars
Digunakan untuk menggeser bidang kerja apabila ada bagian objeck yang tidak terlihat.
Digunakan untuk menggeser bidang kerja apabila ada bagian objeck yang tidak terlihat.
·
Color Calibration
Tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Color Profile, jika fasilitas ini diset.
Tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Color Profile, jika fasilitas ini diset.
D.
Tool-tool
yang ada di Inkscape
Tool
yang pertama adalah Selector, selektor ini berfungsi untuk memilik object dan
mentranformasi object seperti resize, dan rotate. Apabila ingin memilih object
cukup klik sekali dengan tool ini, jika ingin transform object klik sekali
lagi.
Tool
yang kedua adalah Node, node berfungsin untuk mengedit node-node pada path.
Kita dapat mengubah-ubah posisi node atau mengubah sifat nodenya.
Tool
yang ketiga adalah Tweak, tweak ini ada beberapa fungsi, diantaranya untuk
mengkerutkan atau menggembungkan object dan untuk mengubah pola warna pada
object. Lihat fungsi-fungsi di tool control bar (apa itu tool control bar,
silakan lihat artikel saya yang "Senjata yang Kita Gunakan") maka
saya yakin kawan-kawan bereksperimen.
Tool
yang keempat adalah Zoom, zoom berfungsi untuk memperbesar tampilak (zoom in)
dan memperkecil tampilan (zoom out). Zoom in dapat kita lakukan dengan klik
kiri pada mouse (mouse pad) sedangkan zoom out dapat kita lakukan dengan klik
kanan. Zoom in dapat dilakukan pada area tertentu dengan mengedrag area
tertentu (klik kiri kemudia seret disekitar area yang ingin di zoom in).
Tool yang kelima adalah Rectangle, rectangle berfungsi untuk membuat segi empat atau persegi. Segi empat yang dibuat dengan tool ini dapat dibuat memiliki sudut yang membulat atau siku. Coba geser node-node yang ada saya yakin kawan-kawan akan suka.
Tool yang kelima adalah Rectangle, rectangle berfungsi untuk membuat segi empat atau persegi. Segi empat yang dibuat dengan tool ini dapat dibuat memiliki sudut yang membulat atau siku. Coba geser node-node yang ada saya yakin kawan-kawan akan suka.
Tool
yang keenam 3D Box, 3D Box dapat kita gunakan untuk membuat box dengan tampilan
3D. Akan ada setingan titik hilangnya, baik pada sumbu X, Y, maupun Z di tool
control bar apa akan dibuat sejajar atau tidak.
Tool
yang ketujuh Ellipse, Ellipse berfungsi untuk membuat lingkaran baik bulat atau
lonjong. Dapat juga diatur apa akan satu lingkaran atau setengah lingkaran, dan
seterusnya.
Tool yang kedelapan Star, Star berfungsi untuk membuat bintang dan dan segi-n (segi-3, segi-4, segi-5, segi-100, 1000, 2000). Bintang yang kita buat dengan tool ini juga bisa punya 3 sudut, 4, 5, 6, 100, dst.
Tool yang kedelapan Star, Star berfungsi untuk membuat bintang dan dan segi-n (segi-3, segi-4, segi-5, segi-100, 1000, 2000). Bintang yang kita buat dengan tool ini juga bisa punya 3 sudut, 4, 5, 6, 100, dst.
Tool
yang kesembilan adalah Spiral, Spiral dapat kita gunakan untuk membuat pola
spiral dengan pengaturan radius, divergen (spasi antar spiral sama atau tidak),
dan jumlah putarannya.
Tool yang kesepuluh adalah Pencil, dengan Pencil kita dapat membuat garis semau kita. Kita juga dapat mengatur tingkat smooth dari goresan kita, ada juga pengaturan yang lain. Dapat dibilang ini sama dengan the real pencil but more than ordinary pencil, it's a wonderfull pencil.
Tool yang kesepuluh adalah Pencil, dengan Pencil kita dapat membuat garis semau kita. Kita juga dapat mengatur tingkat smooth dari goresan kita, ada juga pengaturan yang lain. Dapat dibilang ini sama dengan the real pencil but more than ordinary pencil, it's a wonderfull pencil.
Tool
yang kesebelas adalah Pen, Pen mirip dengan pencil, tapi hasil garis yang kita
buat dengan pen lebih akurat (mirip kita membuat garis-garis dengan penggaris).
Hasil dari pen berupa path, sama dengan pencil.
Tool
keduabelas adalah Calligraphy, seperti namanya, tool ini dapat kita gunakan
untuk membuat kaligrafi. Kita dapat mengatur sudut goresan, kehalusan goresan,
dsb.
Tool
ketigabelas adalah Eraser, Eraser dapat kita gunakan untuk menghapus path. Tool
ini sangat berfungsi jika path yang ingin kita hapus jumlahnya sangat banyak.
Tool
keempatbelas adalah Paint Bucket, tool ini berfungsi untuk mewarnai area yang
dibatasi oleh garis. Warna yang terbentuk oleh tool ini akan menjadi obejct
tersendiri.
Tool
kelimabelas adalah Text, kita dapat menggunakan tool ini untuk membuat text
pada disain yang kita buat.
Tool
keenam belas adalah Connector, dengan connector kita dapat membuat garis antar
object. Tool ini sangat berguna ketika kita membuat diagram dengan Inkscape.
Tool
ketujuhbelas adalah Gradient, saya rasa tool ini akan punya banyak penggemar
karena dengan tool ini kita dapat membuat gradasi warna pada object. Silakan
dicoba, saya kira kawan-kawan akan suka.
Tool
kedelapanbelas (terakhir) adalah Dropper, melihat tool ini saya ingat pipet
tetes yang ada di laboratorium. Tool ini di Inscape berfungsi untuk mengambil
warna pada titik yang diklik dengan tool ini kemudian mengaplikasikannya pada
object yang kita pilih.
Ø Tab
Path pada toolbar :
a) Trace
bitmap (shift + alt + b) : mentrace (mengubah) gambar bitmap secara otomatis
kedalam bentuk vector.
b) Union
(ctrl + +) : menggabungkan dua buah objek menjadi satu.
c) Difference
(ctrl + -) : mengurangi objek A dengan objek B.
d) Intersection
(ctrl + *) : mengambil irisan dari perpotongan objek A dengan objek B.
e) Exclution
(ctrl + ^) : kebalikan dari intersection dimana yang diambil adalah bagian yang
tidak berpotongan.
f) Division
(ctrl + /) : membagi objek A sesuai objek B.
g) Cut
path (ctrl + alt + /) : serupa dengan division hanya saja yang diambil
adalah bagian outlinenya saja.
h)
Combine (Ctrl + k) :
menggabungkan dua/lebih objek dengan tetap memunculkan outline.
i)
Break Apart (shift + ctrl + k) :
memisahkan objek-objek yang tidak saling bersinggungan.
Ø
3. Color Set
Pada saat membuat sebuah objek, maka
inkscape akan secara otomatis memberi warna fill dan outline sesuai dengan
settingan yang sedang aktif. Untuk mengganti warna fill dapat dilakukan dengan
mengklik kiri warna pada toolbar dibawah (objek harus dalam keadaan terpilih)
atau dengan mengklik kanan pada tempat yang sama lalu memilih set fill. Untuk
mengganti warna outline, dapat dilakukan dengan mengklik kanan warna pada
toolbar dibawah lalu memilih set stroke (objek harus dalam keadaan terpilih).
E.
Objek Dasar dalam Inkscape
ü Dibuat dengan pens tool, yang
memungkinkan gambar tangan ; Pena tool, yang memungkinkan pengguna untuk
membuat spline Bezier node-by-node; alat Kaligrafi, yang dapat digunakan untuk
menggambar freehand kaligrafi atau sikat- seperti stroke, atau Paint Bucket tool,
yang mengisi bidang gambar. Alat Kaligrafi opsional dapat menggunakan tekanan
dan kemiringan pembacaan dari tablet grafis. Alat Paint Bucket bekerja daripada
optikal geometris dan dapat membantu melacak gambar.
*
Rectangles-dibuat dengan menggunakan tool Rectangle. Sudut-sudut persegi
panjang dapat dibulatkan.
* Elips-yang
dibuat dengan menggunakan alat Ellipse. Elips bisa diubah menjadi busur dan
segmen lingkaran.
* Bintang /
poligon-dibuat menggunakan alat Polygon. Multi-menunjuk bintang dapat digunakan
untuk meniru spirographs.
*
Teks-dibuat dengan alat Teks. Teks dapat menggunakan font yang sistem, dan
dapat dengan mudah dikonversi ke path. Kedua teks biasa dan mengalir didukung.
Semua objek teks dapat sewenang-wenang berubah. Teks dapat secara manual kerned
dan mengalir sepanjang jalan.
* Raster /
bitmap gambar-Inkscape mendukung ekspor gambar bitmap (PNG, JPEG, BMP) dari
seluruh dokumen atau pilihan saat ini, serta impor gambar bitmap (dengan
File> Impor atau paste). Gambar dihubungkan secara default, tetapi mereka
dapat dimasukkan ke dalam dokumen SVG menggunakan efek. Gambar juga dapat
ditelusuri (bitmap ke vektor) menggunakan backend Potrace tertanam. Inkscape
mendukung PNG, JPEG dan BMP. (Lihat com: Cat: SVG / raster untuk contoh gambar
tertanam di Wikimedia Commons).
* Clone-buat
dengan menggunakan Clone operasi pada obyek yang sudah ada. Clone merupakan
salinan persis dari benda lain yang dapat memiliki transformasi yang berbeda
yang diterapkan dari objek yang asli, dan hidup diperbarui setiap kali
perubahan objek asli. Menghapus objek asli menyebabkan clone menjadi “unlinked”
– itu menjadi objek terpisah. Hal ini juga memungkinkan untuk membuat klon
dirantai, klon yaitu klon, untuk kedalaman sewenang-wenang.
-- Selain itu, ada objek yang lebih khusus:
*
Spiral-dibuat menggunakan alat Spiral, mereka memiliki sejumlah dikonfigurasi
dari berbalik dan konvergensi.
* Box-3D
yang dibuat dengan menggunakan alat Box 3D. Kotak memiliki perspektif diatur
dan sejumlah dikonfigurasi menghilang poin. Mereka dapat digunakan untuk
membantu gambar perspektif. 3D kotak dalam kelompok-kelompok fakta jalan dan
setelah ungrouping dapat dimodifikasi lebih lanjut.
-- Obyek manipulasi
Setiap objek dalam gambar dapat mengalami transformasi affine – bergerak,
berputar, scaling dan skewing. Transformasi parameter bisa juga ditetapkan
secara numerik melalui dialog Transform. Transformasi dapat snap ke sudut,
grid, pedoman dan node dari objek lain. panduan Grids, dan sifat gertakan
didefinisikan secara per-dokumen. Sebagai alternatif untuk memotret, sebuah
Rata dan dialog disediakan, yang dapat melakukan tugas penyelarasan umum pada
objek yang dipilih – misalnya line mereka ke arah tertentu, mereka menyebar
secara acak dan menghilangkan tumpang tindih antara obyek. Objek yang membentuk
kelompok dapat diedit tanpa harus Ungroup dulu, melalui perintah Masukkan Group
– kelompok kemudian dapat diedit seperti lapisan sementara. Z-urutan objek
dapat dikelola baik dengan menggunakan lapisan, atau secara manual objek
bergerak ke atas dan ke bawah dalam tumpukan Z. Lapisan dapat dikunci atau
disembunyikan, mencegah pemilihan memodifikasi dan disengaja.
Sebuah alat khusus, Buat keramik Clone, disediakan untuk membuat gambar
simetris atau grid simetri seperti menggunakan berbagai pesawat. Objek dapat
disalin dan disisipkan menggunakan clipboard. Namun, pada versi 0,46, Inkscape
menggunakan variabel internal daripada sistem clipboard, yang membatasi operasi
copy dan paste untuk satu contoh aplikasi. Objek dapat disalin antara dokumen
dengan membuka dari menu File di jendela , bukan dengan membuka file kedua dari
shell sistem operasi.
-- Styling objek
Masing-masing bentuk di inkscape memiliki beberapa properti yang menentukan
gaya. Semua properti-properti pada umumnya dapat diset untuk objek apapun:
* Isi bisa menjadi warna solid, gradien linier, gradien
radial, pola, atau diturunkan dari objek induk. Pemilih warna memiliki ruang
tersedia beberapa warna, tapi semua warna yang dipilih saat ini dikonversi
menjadi RGBA. Semua warna dapat memiliki nilai alpha ditentukan. Pola dapat
dibangun dari koleksi benda-benda, atau salah satu pola beberapa saham yang diberikan
dapat digunakan.
* Stroke mengisi dapat memiliki nilai sama dengan
mengisi, tetapi bekerja pada stroke benda.
* Stroke
gaya-bisa bervariasi lebar, bergabung gaya, gaya topi, mulai dan akhir spidol
(dapat digunakan untuk membuat kepala panah) dan gagah. Selain itu, berbagai
marker dapat ditambahkan pada node di tengah stroke .
*
Opacity-menentukan nilai alpha untuk semua warna mengisi. Setiap objek memiliki
nilai opacity yang berbeda, yang misalnya dapat digunakan untuk membuat
kelompok transparan.
* Filter-ada
slider mudah digunakan untuk Gaussian blur untuk setiap objek. tumpukan filter
Sewenang-wenang menggunakan filter SVG dapat dibangun menggunakan dialog
Filter. Tampilan lebih lanjut objek dapat diubah dengan menggunakan masker dan
jalan kliping, yang dapat diciptakan termasuk kelompok/group. Gaya terpisah
dari bentuk objek ‘, dan setelah menyalin objek ke clipboard, hanya gaya dapat
disisipkan untuk diterapkan ke obyek lain.
-- Operasi
Inkscape memiliki alat yang komprehensif , karena mereka adalah konstituen
yang paling umum dari sebuah gambar vektor. Alat Node memungkinkan untuk
mengedit jalur pada tingkat node tunggal oleh tweaker posisi simpul dan titik
kontrol jalur Bezier. Jalur segmen dapat disesuaikan dengan menyeret mereka.
Ketika beberapa node dipilih, mereka dapat dipindahkan menggunakan mouse, atau
skala dan diputar menggunakan cara pintas keyboard. node tambahan dapat
dimasukkan ke dalam alur, dan berpengaruh dapat digunakan untuk menyisipkan
node pada interval yang telah ditentukan. Ketika node dihapus, menangani pada
sisa yang disesuaikan untuk melestarikan bentuk asli sedekat mungkin.
Tweak alat ini disediakan untuk operasi tingkat tinggi lebih lanjut tentang
alur. Hal ini dapat mendorong, tumbuh, menyusut, menarik, menolak atau jalan
kasar permukaannya. Node secara dinamis dibuat dan dihapus bila diperlukan
ketika menggunakan alat ini, sehingga juga dapat digunakan pada jalur sederhana
tanpa pra-pengolahan.
Inkscape mendukung pengeditan teks untuk teks multi-line reguler (elemen
SVG) dan mengalir teks (unsur non-standar, sebelumnya diusulkan untuk SVG 1.2).
Pada versi 0,47, teks tidak diberikan oleh aplikasi lain, karena kurangnya
struktur sesuai paralel dalam dokumen SVG. The SVG Tiny 1,2 elemen tidak
didukung. Seluruh teks langsung yang dapat diedit pada kanvas.
Rendering teks didasarkan pada perpustakaan Pango, yang memungkinkan
Inkscape untuk mendukung beberapa skrip yang kompleks termasuk Ibrani, Arab,
Thailand, Tibet, dll Kerning dan dapat disesuaikan pada basisdengan menggunakan
cara pintas keyboard. Menempatkan teks pada jalan juga didukung, dan kedua teks
dan jalur tetap dapat diedit.
-- Rendering
Tidak seperti banyak aplikasi lainnya GTK +, Inkscape menggunakan library
penyaji sendiri untuk membuat grafik, libnr . libnr dapat membuat gambar sampai
dengan 25.600% zoom dengan anti-aliasing, dan memperbarui grafis selama
transformasi. Ada juga modus garis besar alternatif yang cukup dapat
meningkatkan daya tanggap ketika bekerja dengan gambar yang kompleks. Inkscape
telah menggunakan Kairo untuk membuat dalam mode garis sejak rilis 0,46.
Pada tahun 2005, Inkscape menambahkan Inkboard, sebuah papan tulis XMPP
untuk memungkinkan beberapa pengguna Inkscape untuk berkolaborasi dalam XMPP /
Jabber pesan instan / chat lingkungan.
F.
Beberapa
Versi Inkscape
* Versi 0,48
(diantisipasi Mei 2010)
* Versi 0,47
(24 November 2009) menambahkan alat penghapus (bisa jalan slice), diatur
autosave, antarmuka pilin splines untuk path, node auto-halus untuk jalan, alat
pemeriksa ejaan untuk teks, efek jalan baru seperti “sketsa” dan ” menetas “,
baru Python ekstensi seperti” sup alfabet “dan” dikonversi ke Braille “,
beberapa dukungan dasar untuk font SVG, meningkatkan PostScript dukungan, dan
modifikasi kecil lainnya.
* Versi 0,46
(24 Maret 2008) ditambah dermaga baru antarmuka pengguna berbasis, Paint
Bucket, Tweak dan alat Box 3D, Path Live Efek, dukungan untuk filter yang
paling SVG, kemampuan untuk membuka file PDF, dan OpenType / PostScript dan
dukungan Type1 font tetap.
* Versi
0.45.1 (23 Maret 2007) adalah seorang rilis bugfix.
* Versi 0,45
(5 Februari 2007) memiliki dukungan untuk blur Gaussian, pola di sepanjang
jalan, baru Undo Sejarah dialog, bitmap tracing ditingkatkan menggunakan
Wikipedia Interaktif Obyek Ekstraksi, satu set efek warna, dan banyak
modifikasi kecil lainnya untuk fitur yang ada.
* Versi
0.44.1 adalah rilis bugfix.
* Versi 0,44
(24 Juni 2006) menambahkan dialog Layers, dukungan untuk kliping dan masking,
ekspor PDF ditingkatkan dengan transparansi, dan perbaikan kinerja.
* Versi 0,43
(November 19, 2005) menambahkan alat Konektor, mengedit kolaboratif, tekanan
tablet / sensitivitas sudut, dan perangkat tambahan alat Node.
* Versi 0,42
(26 Juli 2005) menambahkan dukungan mengalir teks, styling mencakup teks,
peningkatan dukungan efek, dan alat gradien baru.
* Versi 0,41
(10 Februari 2005) menambahkan tool tiler clone dan melacak warna, plus banyak
perbaikan bug.
* Versi 0,40
menambahkan dukungan untuk lapisan, bitmap tracing, dan teks pada path.
* Versi 0,39
adalah rilis pertama untuk menggunakan perpustakaan Pango, membawa dukungan
yang lebih baik untuk bahasa lebih, serta dukungan untuk penanda, klon, dan
pola mengisi.
* Versi 0,38
adalah rilis perbaikan bug, tetapi juga menampilkan teks kerning dan
letterspacing, gradients multistage, dan perangkat tambahan banyak kegunaan.
* Versi 0,37
melihat penambahan jalur operasi boolean dan inset path / awal.
* Versi 0,36
adalah rilis pertama dengan UI mereorganisasi menggunakan menu bar dan toolbar
konteks-sensitif merapat di jendela dokumen.
* Versi 0,35 (November 2, 2003)
adalah rilis pertama dari Inkscape, sangat mirip dengan versi Sodipodi
0,32.
berikut adalah sebagian yang merupakan fitur baru dari
inkscape 0.48 :
- Spray tool
- Multipath editing
- Peningkatan pengeditan node selection
- Peningkatan connector tool
- Perubahan krusial di text tool
- Snapping yang jauh lebih baik
- Perubahan di bagian bitmap handling
- Extensi extensi baru
· Spray tool
Tool ini dikembangkan oleh sejumlah mahasiswa di
Centrale Lyon, dipimpin oleh Cedric Gemy. Apa yang dilakukan adalah lukisan
dengan salinan atau klon dari objek yang sedang dipilih di atas kanvas. alat
ini hampir sama dengan symbol sprayer di adobe ilustrator. namun, meskipun mempunyai
fungsi dan hasil yang serupa, namun alat ini dibangun dengan cara yang berbeda
dengan symbol sprayer di adobe ilustrator tersebut.
Ada tiga mode dalam alat : membuat salinan,
menciptakan kloning dan penggabungan salinan menjadi jalur tunggal. Anda dapat
membuat spray dari objek bitmap juga, baik sebagai klon atau salinan. Anda
dapat memberitahu spray tool untuk menjadi tekanan stylus sensitif ketika
datang ke lebar relatif dari area lingkaran, Anda dapat menentukan berapa
banyak benda (nilai non-absolut) Anda ingin setelah satu klik, berapa banyak
rotasi dan skala dari seleksi harus bervariasi, bagaimana terfokus salinan
disemprot atau klon seharusnya.
·
Multipath editing
Node tool yang baru ini di tulis ulang oleh Krzysztof
Kosinski selama Summer of Code-nya Google 2009 proyek. Selain internal yang
porting ke lib2geom memiliki dua fitur baru utama: mengedit multipath dan
pengeditan lanjutan dari node yang dipilih.
Akhirnya anda dapat memilih berbagai path dan mengedit
node nya. Sekarang, karena Anda bisa mengedit gradien dengan Node tool, itu
berarti Anda juga dapat mengedit beberapa gradien fill. Anda hanya tekan N
untuk beralih ke, alat tekan ShiftNode dan terus klik pada path untuk
menambahkannya ke seleksi.
Sehingga
dengan demikian anda bisa mengedit beberapa node path secara langsung, maupun
beberapa gradient.
Selain itu
anda juga bisa menggabungkan 2 node yang pada asalnya terpisah secara langsung
yaitu dengan cara memilih kedua node tersebut, kemudian kita pilih join
selected node di bagian tool bar.
Fitur besar
lainya adalah kita bisa mengedit selection node seperti selection kepada object
: scale (merubah ukuran), rotate (memutar), dan skew (pencondongan).
Anda juga
dapat mengaktifkan path direction pada outline dengan cara memilih (“File >
Inkscape Preferences… > Tools > Node > Show path directions on
outlines”). maka apabila path direction yang anda lakukan tidak benar,
FontForge akan memperbaikinya untuk anda.
G. SVG ( Scalable Vector Graphics )
SVG adalah singkatan dari
Scalable Vector Graphics dan merupakan format file baru untuk menampilkan
grafik dalam pengembangan web yang berbasis XML (eXtensible Markup Language).
SVG telah direkomendasikan oleh
World Wide Web Consortium (W3C) untuk menampilkan grafik serta mendeskripsikan
gambar 2 dimensi dalam pengembangan web yang berbasis XML. SVG memperbolehkan
tiga tipe dari object grafis, yaitu bentuk vektor grafis (misalkan jalur yang
terdiri dari garis lurus dan kurva), gambar dan teks. Hasil dari SVG dapat juga
interaktif dan dinamis. Animasi dapat didefinisikan dan ditimbulkan secara
menempelkan elemen animasi SVG pada isi SVG atau dengan menggunakan skripting.
SVG dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai macam variasi dari object
grafis, dan juga menyediakan bentuk dasar umum seperti bujur sangkar dan elips.
SVG memberikan pengendalian kualitas melalui sistem koordinat dari object
grafis yang telah didefinisikan dan transformasi yang akan digunakan selama
proses render.
Penyimpanan berkas (file) SVG
dilakukan dengan cara memberi nama ekstensinya dengan “.svg” (memakai huruf
kecil semua), dan untuk menyimpan file SVG yang terkompresi memakai ekstensi
“.svgz” (semua memakai huruf kecil).
Keuntungan penggunaan SVG dibanding
format gambar yang lain:
- File sumber SVG dapat dibaca dan modifikasi dengan menggunakan hampir semua tool/text (misalnya notepad).
- File sumber SVG berukuran lebih kecil dan dapat dikompresi dibanding dengan format gambar JPEG dan GIF.
- Gambar dalam format SVG bersifat scalable/diresizing.
- Gambar dalam format SVG dapat dicetak dengan kualitas yang tinggi dan sama baiknya pada berbagai resolusi.
- Gambar dalam format SVG bersifat zoomable. Setiap bagian dari gambar dapat di zoom tanpa degradasi mutu.
- Text dalam SVG “selectable” dan “searchable” (sangat berguna dalam peta).
- SVG dapat bekerja dengan Teknologi Java.
- SVG merupakan “open standard”.
- SVG merupakan murni XML.
H. Bekerja dengan dokumen\
Ada beberapa hal dasar yang
paling tidak harus kita ketahui sebagai berikut:- Membuat dokumen baruMembuat dokumen baru merupakan langkah awal yang biasa dilakukan ketika menggunakan Inkscape. Pilih menu File >> New. Dari sini kita dapat memilih beraneka ragam ukuran dokumen seperti ukuran wallpaper, A4, letter, dan sebagianya.
- Menyimpan dokumenPilih menu File >> Save atau Menu >> Save as. Dengan pilihan terakhir kita akan dibawa ke kotak dialog yang meminta kita untuk menuliskan nama berkas (file) serta di foder mana berkas akan kita simpan. Dokumen dapat pula disimpan menjadi format SVG, PDF, PNG, Bitmap, JPG, XCF, dan lain sebagainya.
Untuk
merubah ukuran atau tampilan dokumen (menjadi melintang/ landscape atau
membujur/ portrait) kita dapat menggunakan kotak dialog Document Properties.
Pilih menu File >> Document Properties atau tekan Shift+Ctrl+D.
Memperbesar dan memperkecil tampilan berguna ketika kita akan melihat atau menambahkan suatu detil objek gambar. Secara mudah, memperbesar atau memperkecil tampilan dapat dilakukan dengan meletakkan kursor pada kanvas kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol Ctrl bersamaan dengan menggerakkan mouse wheel. Cara lain adalah dengan menggunakan Ctrl+klik kanan untuk memperbesar dan Shift+klik kanan untuk memperkecil.
Membuat bentuk-bentuk sederhana
Bentuk-bentuk sederhana seperti gambar disamping dapat dibuat
dengan menggunakan pilihan-pilihan bentuk dasar pada toolbox. Lihat
gambar dibawah ini.
Objek
dapat diperbesar atau diperkecil dengan menarik tanda panah di pojok (gambar A.
diatas). Kemudian untuk memutar objek, ubahlah pada mode putar (dengan mengklik
objek) dan putarlah dengan menggeser tanda panah di pojok (gambar B diatas).
Kita juga dapat merubah pusat putaran (gambar C dan D diatas) sebelum memutar
objek. Pusat putaran ditandai dengan simbol positif (+).
Selanjutnya
kita dapat memiringkan objek seperti contoh dibawah. Gunakan tanda panah yang
ditengah, dan geser sesuai dengan kemiringan yang dikehendaki.
Ø
IMPLEMENTASI DAN TUTORIAL INKSPACE
Dalam bagian implementasi dan tutorial inkspace ini, saya akan
berbagi sedikit informasi tentang bagaimana penggunaan software inkspace ini.
Yang pertama akan saya demo-kan adalah Membuat bola glossy dragonball.
Urutannya adalah sebabai berikut
1. Buat lingkaran
dengan warna kuning dragonball (silahkan bereksperimen). Jangan lupa menahan SHIFT+CTRL ketika
membuat lingkaran untuk menghasilkan bulatan yang sempurna.
.
2.
Duplikat (CTRL+D) gambar
pada poin 1. Warnai dengan warna putih lalu kecilkan sepeti terlihat di gambar
samping.
3. Klik gambar pada poin 2 dengan tool
"Gradient", tarik dari atas ke bawah hingga Anda rasa cukup. Lihat
gambar di bawah.
4. Duplikat (CTRL+D) lagi gambar poin 1.
Warnai dengan warna kuning.
5.
Seperti langkah poin 3. Gunakan tool
"Gradient", namun kali ini Anda tarik dari bawah ke atas sampai
Anda merasa nyaman. Jadilah bola dragonball kita.
6. Buat bintang dengan warna yang lebih gelap dari warna
bola dragonball yang sebelumnya telah Kita buat, atur sedemikian rupa. Saya
membuat 3 bintang lalu saya "group".
7. Pindah bintang yang Kita buat pada poin 6 pada bola
dragonball. Letakkan di bawah gambar yang Kita buat pada poin 2 dan poin 4
namun di atas gambar poin 1 dengan tool "Lower Selection".
8. Untuk mempercantik. Duplikat (CTRL+D) gambar
poin 1. Warnai dengan warna hitam. Perbesar sedikit ukurannya sambil
menahan SHIFT+CTRL. Letakkan diurutan terbawah seperti terlihat di
gambar. Lalu blur (masukkan nilai 3).
BAB III
KESIMPULAN
Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat
lunak bebas dibawah
lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah
menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML,
SVG, dan CSS.
Inkscape bersifat cross-platform[1]
dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat
dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz[2]), sistem operasi
berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya
Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar
untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape
bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang
sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.
DAFTAR PUSTAKA
ijin copas ya kak...
BalasHapus